Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Grobongan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kecamatan Jauh dari Pusat Kota Harus Disiapkan Bus Sekolah

  • Oleh Naco
  • 23 Mei 2022 - 20:11 WIB


BORNEONEWS, Sampit - Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kotawaringin Timur, Ary Dewar mengusulkan penyediaan bus sekolah untuk kecamatan-kecamatan yang jauh dari pusat kota. 

Usulan ini disampaikan setelah melihat dari kepentingan bus tersebut sangat mendesak mengingat jarak antar desa cukup jauh.

"Sementara tidak semua warga memiliki kemampuan membeli sepeda motor atau mobil," katanya, Senin 23 Mei 2022.

Kondisi ini juga kata dia harus menjadi perhatian pemerintah dengan memberikan solusi melalui penyediaan bus sekolah.   

"Bus sekolah tidak hanya dibutuhkan pelajar di kota Sampit, tetapi juga di kecamatan-kecamatan. Harapan ini sudah beberapa kali diusulkan masyarakat saat kami reses," tukasnya.

Penyediaan bus sekolah juga untuk menekan potensi kecelakaan lalu lintas. Sangat disayangkan jika orangtua dihadapkan pada pilihan membiarkan anak mereka mengendarai kendaraan sendiri karena sangat berisiko terjadi kecelakaan lalu lintas. 

Ary mengaku sangat mengapresiasi pemerintah menyiapkan bus sekolah untuk pelajar khususnya di Kota Sampit. Dia turut berharap program serupa juga dilaksanakan di kecamatan yang membutuhkan. 

Politisi yang mewakili Kecamatan Cempaga Hulu, Cempaga, Kota Besi dan Telawang ini mengatakan, wilayah Kotawaringin Timur ini sangat luas sehingga moda transportasi sangat dibutuhkan, termasuk oleh pelajar.

Menurut Ary, ini cukup penting karena menyangkut kelancaran dan minat anak-anak di perdesaan untuk sekolah. Jika banyak kendala, misalnya jarak sekolah yang cukup jauh dari rumah mereka, dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap minat anak untuk bersekolah.

Ary menyebut penyediaan bus sekolah bisa saja dilakukan dengan menggandeng perusahaan besar. Perusahaan bisa membantu menyediakan bus sekolah melalui program CSR (corporate social responsibility) atau tanggung jawab sosial perusahaan, kemudian pengoperasiannya dikoordinasikan dengan pemerintah daerah. (NACO/B-6)

Berita Terbaru