Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Melawi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala DPMDSos Barito Timur: ODGJ Berhak Dirawat dan Sembuh

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 23 Mei 2022 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial atau DPMDSos Kabupaten Barito Timur, Barnusa mengatakan, orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ berhak mendapatkan perawatan yang layak maupun pengobatan untuk sembuh.

"Karena itu kami mengimbau masyarakat yang anggota keluarganya mengalami gangguan kejiwaan agar tidak segan-segan berkoordinasi dan berkonsultasi dengan puskesmas terdekat, dinas kesehatan maupun dinas sosial terkait kondisi kejiwaan anggota keluarganya," kata Barnusa di ruang kerjanya, Senin, 23 Mei 2022.

Dia juga mengingatkan pemerintah desa yang memiliki warga menderita gangguan kejiwaan agar mengawasi jangan sampai dipasung, diikat atau mendapatkan perlakuan tidak manusiawi lainnya.

"Jika dia tidak bisa ditangani di dalam keluarga ada langkah-langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk penanganan ODGJ, itu pentingnya keluarga harus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait," jelas Barnusa.

Dia berharap setiap ODGJ yang ditandatangani bisa sembuh agar dapat kembali beraktivitas normal, bekerja, mandiri serta berbaur di masyarakat.

"Memang kita sangat terbatas dalam hal sarana pendukung namun kita mencoba untuk melakukan yang terbaik karena ini berkaitan dengan kemanusiaan," kata Barnusa.

Untuk mengoptimalkan penanganan ODGJ, dia berharap ke depan disediakan mobil khusus yang dilengkapi dengan teralis seperti mobil tahanan demi keamanan ODGJ maupun petugas saat dalam perjalanan mengantar ODGJ ke RSJ.

"Kalau dia lepas di jalan lari atau lompat dari mobil kan resikonya sangat besar," jelasnya.

Sejak awal tahun 2022, DPMDSos Barito Timur telah menangani 8 ODGJ. Dari jumlah tersebut 6 orang diantaranya sudah dirujuk ke RSJ Kalawah Atei dan 2 lainnya dikembalikan penanganannya ke keluarganya dan pemerintah desa. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru