Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kobar Gelar Bulan Imunisasi Anak Nasional Serentak

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 23 Mei 2022 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kobar, menyelenggarakan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 secara serentak  dengan melibatkan 18 Puskesmas jajaran Dinkes Kobar.

Untuk hari ini, Senin, 23 Mei 2022, yang telah melakukan kegiatan BIAN yaitu Puskesmas Sambi, Natai Palingkau, Karang Mulya, Sungai Rangit, Arut Utara, Madurejo, Mendawai, Runtu, Kotawaringin Lama, Pangkalan lada, Arut Selatan, dan Ipuh Bangun Jaya.

Hal tersebut, disampaikan oleh Kepala Dinkes Kobar Achmad Rois. Bahwa, pelaksanaa BIAN telah dimulai hari ini dan akan berlangsung selama satu bulan. Untuk pelaksanaannya bertempat di Pos - Pos BIAN yang telah ditentukan.

"Hari ini telah kita mulai kick Off pelaksanaan BIAN 2022, yang berlangsung selama 30 hari kedepan, sesuai jadwal dan tempat yang sudah ditentukan oleh masing - masing Puskesmas se Kobar," kata Achmad Rois.

Disebutkannya, adapun sasarannya yaitu Imunisasi Campak Rubela usia 9 bulan sampai 12 tahun dan imunisasi kejar. Dengan rincian sasaran sebagai berikut, jenis imunisasi MR ada 64.116 anak, OPV 7.302 anak, IPV 12. 977 anak dan DPT-HB Hip 6.319 anak.

"Imunisasi kejar ini bagi anak balita usia 12-59 bulan yang drop out imunisasi dasar, dimulai bulan Mei 2022 menyesuiakan ketersedian logistik vaksin, dan dilaksanakan selama 30 hari kerja," jelasnya.

Kemudian, setelah selesai pelaksanaan BIAN 30 hari kerja, petugas kesehatan di Puskesmas, akan melaksanakan sweeping pada bulan Juni sampai bulan Juli 2022, dalam rangka menjamin agar seluruh anak balita di wilayah kerja Puskesmas mendapat imunisasi tambahan Campak-Rubela dan imunisasi dasar atau lanjutan secara lengkap.

"Jadi, hasil pelaksanaan setiap hari ini nanti akan dilaporkan melalui Aplikasi 'Sehat Indonesiaku' atau 'ASIK'," imbuhnya.

Ia menambahkan, bahwa secara nasional kegiatan ini adalah komitmen pemerintah untuk eliminasi Campak rubela tahun 2023, serta ikut mempertahankan status dunia bebas polio di tahun 2026. Untuk itu, diharapkan dukungan dari semua pihak agar lancar dan suksesnya pelaksanaan BIAN di Kobar. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru