Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jembrana Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Jemput Bayi Orangutan ke Polsek Parenggean

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 24 Mei 2022 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, menjemput satu ekor individu bayi orangutan ke Polsek Parenggean. Bayi orangutan itu sebelumnya diserahkan oleh warga. 

Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah, menjelaskan pihaknya menerima telepon dari Beri, seorang warga, Beri mengaku telah mengamankan satu bayi orangutan dan bermaksud menyerahkan ke pihak BKSDA.

“Beri sebenarnya bermaksud menyerahkan satwa tersebut malam itu juga, tapi karena lokasinya cukup jauh, yakni di Kecamatan Parenggean, maka serah terima kami lakukan Senin, 23 Mei 2022, " jelasnya. 

Berdasarkan pengakuan Beri, bayi orangutan tersebut didapat dari warga Desa Tumbang Koling, Kecamatan Mentaya Hulu. Saat itu Beri melihat seorang warga yang membawa bayi orangutan tersebut di dalam kardus. 

"Merasa kasihan dan tahu bahwa orangutan merupakan satwa liar yang dilindungi, maka ia berinisiatif meminta orangutan tersebut dan membawa ke Kecamatan Parenggean," katanya. 

Beri bermaksud menyerahkan satwa tersebut secara langsung ke pihak BKSDA malam itu juga, karena tidak memungkinkan, maka pihak BKSDA mengarahkan untuk menitipkan bayi orangutan tersebut ke Polsek setempat.

“Kami kemudian berkoordinasi dengan pihak Polsek, lalu pada Senin ini kami menuju ke lokasi untuk melakukan giat serah terima bayi orangutan tersebut,” lanjut Muriansyah. (USAY NOR RAHMAD/B-7)

Berita Terbaru