Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kebumen Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Gelar Edukasi dan Advokasi Perubahan Perilaku Pencegahan Stunting

  • Oleh Norhasanah
  • 24 Mei 2022 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemkab Sukamara menggelar edukasi dan advokasi perubahan prilaku dalam pencegahan dan penanganan stunting melalui pemanfaatan bahan pangan lokal untuk Pemberian Makanan Tambahan (PMT) pada balita serta ibu hamil, Selasa, 24 Mei 2022.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukamara, Rendi Lesmana mengatakan permasalahan gizi utama yang saat ini dihadapi Indonesia adalah stunting, wasting, dan obesitas. 

"Balita dan ibu hamil merupakan cikal bakal Sumber Daya Manusia ke depannya, maka asupan gizinya harus diperhatikan, tujuannya untuk menanggulangi masalah gizi," kata Rendi.

Dia berharap, melalui pemanfaatan pangan lokal yang tersedia didaerah sebagai PMT dapat menjadi upaya tambahan makanan kepada balita dalam menambah asupan gizi agar tercukupinya kebutuhan gizi dan tercapainya status gizi yang baik.

"Oleh karena itu, pembutan pemberian makanan tambahan ditekankan pada penggunaan pangan lokal, karena pangan lokal merupakan bahan makanan khas yang dikonsumsi masyarakat setempat sesuai dengan potensin yang ada di daerah," ujarnya.

Selain itu, penggunakan pangan lokal juga turut serta melestarikan bahan makan khas yang dihasilkan oleh daerah.

Sekda Sukamara berharap upaya pemerintah dalam mencegah stunting mendapat dukungan dari masyarakat, sehingga permasalahan stunting di Bumi Gawi Barinjam dapat teratasi. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru