Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kapuas Hulu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kotim Luncurkan Pelayanan Public Safety Center 119

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 24 Mei 2022 - 20:01 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Peresmian gedung baru Puskesmas Baamang I telah dilakukan, sekaligus pelaksanaan peluncuran pelayanan Ambulan Public Safety Center (PSC) 119. 

Pelayanan ambulan PSC tersebut merupakan program nasional dari Kementrian Kesehatan. Dan merupakan yang pertama kali diluncurkan di Kotim. 

"Alhamdulillas secara simbolis Bupati Kotim Halikinnor, telah menyerahkan kunci ambulan kepada petugas, sebagai tanda peluncuran telah resmi dilakukan," ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Kotim, Umar Kaderi, Selasa, 24 Mei 2022. 

Dia menjelaskan PSC 119 merupakan pusat komunikasi dan tim reaksi cepat pertolongan pertama pada kasus kegawatdaruratan medis. Seperti halnya pelayanan kesehatan akibat bencana, kecelakaan kerja, kebakaran, serta kecelakaan lalu lintas. 

Program tersebut bekerjasama dengan tempat pelayanan kesehatan darurat terdekat, yang sesuai secara bertahap guna memberikan layanan yang cepat dan tepat, dalam waktu yang terbatas. 

"Hal itu tentunya membutuhkan saran mobilitas yang cepat dan lengkap agar dapat melakukan pertolongan pertama di tempat kejadian," katanya.

PSC 119 sendiri merupakan sistem penanggulangan penanggulangan gawat darurat terpadu, yang sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2013, tentang program dekade aksi keselamatan jalan. 

"PSC 119 merupakan unit kerja di bawah Dinkes, sebagai wadah koordinasi dalam pelayanan gawat darurat secara cepat, sehingga hasilnya dapat lebih baik demi kesehatan masyarakat," terangnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6) 

Berita Terbaru