Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Soppeng Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan Skala Kecil bagi Poklahsar

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 24 Mei 2022 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemkab Barito Timur melalui Dinas Perikanan dan Peternakan melaksanakan pelatihan pengolahan ikan skala kecil bagi Kelompok Usaha Pengolahan dan Pemasaran atau Poklahsar perikanan pada 4 desa.

"Yang pertama pelatihannya di Desa Magantis tanggal 19 Mei, Desa Kalinapu 23 Mei, Desa Luau Jawuk hari ini dan Kelurahan Ampah Kota besok. Masing-masing Poklahsar terdiri dari 25 orang sehingga total peserta pelatihan 100 orang," ungkap Kabid Sapras, Data, Peningkatan SDM, Pengolahan dan Pemasaran, Inapriani mewakili Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Barito Timur Mishael, Selasa, 24 Mei 2022.

Setiap Poklahsar mendapatkan pelatihan olahan makanan yang berbeda. Pada Poklahsar Sukamaju di Desa Magantis, pelatihannya berupa pembuatan brownis berbahan ikan lele dan ikan nila.

Sedangkan Poklahsar Lestari di Desa Kalinapu, mereka belajar cara membuat kerupuk dan bakso berbahan ikan lele.

"Kemudian pada Poklahsar Maju Jaya Bersama di Desa Luaw Jawuk kami berikan pelatihan cara membuat  pizza dan roti berbahan ikan, lalu terakhir pada Poklahsar Mekar Lestari di Kelurahan Ampah Kota mereka belajar pembuatan aneka produk lumatan daging ikan," imbuh Ina di sela kegiatan pelatihan di Desa Luau Jawuk.

Menurutnya, pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia atau SDM perempuan di Barito Timur khususnya mereka yang tergabung dalam Poklahsar perikanan.

"Jadi anggota Poklahsar ini kita bekali dengan pengetahuan dan keterampilan mengolah hasil perikanan sehingga dapat meningkatkan angka konsumsi ikan (AKI) keluarga guna meningkatkan gizi keluarga, serta membuka peluang usaha bagi masyarakat untuk menambah pendapatan keluarga," jelas Ina.

Dia mengungkapkan, total Poklahsar di Barito Timur yang telah ditetapkan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan berjumlah 8 kelompok. Karena itu, pada bulan Juni mendatang akan diadakan kembali pelatihan bagi 4 Poklahsar lainnya.

"Yang akan ikut pelatihan bulan Juni nanti ada 2 Poklahsar di Desa Juru Banu, 1 Poklahsar di Desa Telang Baru dan 1 Poklahsar di Desa Pangkan," Tutupnya. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru