Sistem Informasi Pemetaan & Manajemen Pemenangan Pilkada

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Barito Utara Gelar Pertemuan Advokasi Peningkatan Kualitas Air Minum Aman

  • Oleh Ramadani
  • 24 Mei 2022 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara (Dinkes Barut) menggelar pertemuan Advokasi Peningkatan Kualitas Air Minum Aman, di alua Dinas Kesenatah setempat, Selasa 24 Mei 2022.

Kegiatan pertemuan ini dibuka Kadis Kesehatan H Siswandoyo dihadiri Sekretaris Dinkes Pariadi, Kabid Kesmas Enny Franziah, Kabid P2P Sampuerna Murni Yati, Kabid PSDK Ruyanto, narasumber PDAM Tirta Dharma dan peserta pertemuan. 

“Kebutuhan vital mahluk hidup terutama manusia adalah kebutuhan akan air. Air yang bersih dan sehat layak untuk di minum tanpa mengganggu kesehatan merupakan kualifikasi yang sangat di perlukan,” kata Kadis Kesehatan H Siswandoyo.

Ini, kata dia, dikarenakan pemanfaatan air sebagai air minum secara lansung berkaitan dengan tubuh manusia itu sendiri sehingga perlu dijaga kualitasnya agar tidak membahayakan tubuh manusia itu sendiri.

Selain itu, kata Siswandoyo, air adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Dengan terpenuhinya kebutuhan air, maka proses metabolism dalam tubuh manusia dapat berlansung dengan baik, sebaiknya bila ada kekurangan air proses metabolism akan terganggu dan dapat menimbulkan kematian. 

“Oleh karena itu salah satu pengamanan makan dan minum untuk melindungi kesehatan adalah pengawasan terhadap kualitas air minum,” ungkap Siswandoyo.

Sementara Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Enny Franziah mengatakan tujuan umum dari kegiatan ini adalah agar peserta mampu memahami untuk mencapai akses universal dan menata terhadap air minum yang aman dan terjangkau bagi semua diperlukan PKAM, dan tujuan khusus adalah untuk meningkatkan pengetahuan tentang kualitas air minum aman di masyarakat serta mempercepat pelaksanaan kesehatan lingkungan pilar 3 (tiga) STBM tentang pengelolaan air minum.

“Peserta yang menikuti Advokasi peningkatan kualitas air minum aman sebanyak 17 (Tujuh Belas ) orang pemegang Program Kesehatan Lingkungan dari 17 Puskesmas se Kabupaten Barito Utara,” pungkasnya.(RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru