Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Solok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala DPMDSos Barito Timur: Kesuksesan BUMDes Bersama Tergantung Keseriusan Pengelola

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 25 Mei 2022 - 09:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial atau DPMDSos Kabupaten Barito Timur, Barnusa menanggapi rencana beroperasinya Bumdes Mart Nenak Mandiri di Pasar Tamiang Layang yang merupakan unit usaha BUMDes Bersama Kecamatan Dusun Timur.

BUMDes Bersama tersebut adalah badan usaha yang didirikan berdasarkan penyertaan modal dari seluruh desa yang ada di Kecamatan Dusun Timur.

"Yang namanya usaha jenis ritel kesuksesannya akan bergantung pada keseriusan dan kemampuan pengelola," tegas Barnusa di kantornya, Selasa, 24 Mei 2022.

Karena itu sejak awal rencana pendirian Bumdes Mart dia sudah mengingatkan kepada semua kades se-Kecamatan Dusun Timur bahwa pendirian Bumdes Mart harus berdasarkan keinginan kuat dari masing-masing desa sehingga tidak menjadi prematur atau berdiri sebelum waktunya.

"Makanya jauh-jauh hari saya ingatkan insiatif pendiriannya tidak bisa top-down (atas ke bawah) tapi harus bottom-up (dari bawah ke atas)," kata Barnusa.

Menurutnya, dibutuhkan komitmen yang kuat dari semua pemerintah desa anggota BUMDes Bersama untuk membesarkan unit usaha yang dikelola, sedangkan DPMDSos dan instansi terkait lainnya hanya membantu memfasilitasi.

Barnusa menilai BUMDes Mart Nenak Mandiri berpotensi untuk menjadi besar dan mendukung BUMDes di desa yang mengelola jenis usaha yang sama dengan menjadi pemasok bagi BUMDes tersebut.

"Tapi sesuai dengan hukum ekonomi Bumdes Mart harus bisa menjual barang ke desa dengan harga minimal sama dengan yang ada di Tamiang Layang (kota). Artinya ada penghematan bagi BUMDes yang ada di desa dari biaya mengangkut barang yang kemudian menjadi keuntungan bagi mereka," ujarnya.

Menurut Barnusa, pemerintah daerah membebaskan pengelola BUMDes Bersama untuk berkreasi dan berinovasi mengembangkan usaha. Pemerintah hanya akan membantu memfasilitasi untuk kelancaran usaha tersebut.

"Kami tidak akan mengintervensi, namun kami mengingatkan jika ada hambatan atau masalah agar segera melapor," pesannya. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru