Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Kemenag Barito Timur Buka Peningkatan Kompetensi Guru Agama Katolik

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 25 Mei 2022 - 15:31 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur, Abdul Majid Rahimi membuka kegiatan pembinaan dan peningkatan kompetensi guru agama Katolik untuk tingkat SMP, SMA dan SMK, Rabu 25 Mei 2022.

Dalam sambutannya Abdul Majid mengapresiasi Pembimas Katolik Kantor Wilayah Kemenag Kalimantan Tengah yang telah mengalokasikan anggaran untuk kegiatan tersebut sehingga dapat terlaksana.

"Sebagai pribadi dan Kepala Kantor Kemenag Barito Timur, saya mendukung kegiatan ini karena merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi guru agama Katolik," ujarnya di aula CUSR Tamiang Layang.

Menurut Majid, ada 4 jenis kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap guru yaitu kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian dan profesional.

"Namun yang menjadi persoalan kita saat ini seringkali kita tahu dengan empat kompetensi tersebut namun tidak kita terapkan di lapangan," ungkapnya.

Kepala Kemenag menilai saat ini banyak guru yang tidak mau berubah atau meningkatkan kompetensi. Kondisi tersebut terlihat saat dilakukan monitoring dan supervisi dan ditemukan masih banyak guru yang menggunakan pola lama dalam mengajar.

"Itu sebabnya tunjangan sertifikasi guru yang meningkat cukup besar harus diimbangi dengan kompetensi dan produktivitas guru dalam mengajar," pesannya.

Dia kembali menegaskan profesi guru agama sangat vital untuk mencapai tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Harapan kami mudah-mudahan pelaksanaan ini nanti berjalan dengan lancar dan dapat memberikan manfaat dan bekal yang besar, khususnya terkait pelaksanaan tugas sebagai tenaga pendidik dan kependidikan di tingkat SMP SMA dan SMK," katanya.

Kegiatan yang diikuti oleh 30 guru agama Katolik juga dihadiri oleh Penbimas Katolik Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah, Penyelenggara Katolik Kantor Kemenag Barito Timur Tim Fasilitator dari Dinas Pendidikan Barito Timur dan Kantor Kemenag Barito Timur. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru