Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karang Asem Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mentaya Hilir Utara Banjir, Warga Sekitar Diimbau Waspada Buaya dan Ular Berbisa

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 26 Mei 2022 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Masyarakat di Kecamatan Mentaya Hilir Utara (MHU) diminta meningkatkan kewaspadaan akan keberadaan hewan berbahaya seperti buaya, kobra dan king kobra. Terutama bagi wilayah di kecamatan itu yang saat ini terendam banjir. 

"Situasi MHU dan sekitarnya banjir. Terus hati-hati dan waspada," imbau Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Kamis, 26 Mei 2022. 

Pihak BKSDA menyampaikan hal ini   karena kondisi di wilayah tersebut sangat rawan terjadi serangan. Apalagi belum lama ini ada salah seorang warga di Desa Bagendang Tengah Ramban, yang diserang buaya saat beraktivitas di tepi Sungai Sampit. 

Selain itu, adanya banjir di wilayah ini diyakini juga menjadi salah satu sebab keberadaan buaya-buaya yang beberapa hari ini kemunculannya dilaporkan meningkat. 

"Karena sebelum banjir berdasarkan pengakuan warga, buaya jarang terlihat," jelasnya. 

Namun saat banjir yang sering terjadi sekarang, buaya menjadi sering berkeliaran sekitar permukiman warga. Terutama saat  gelap. Bahkan pengakuan warga buaya sampai ke kolong rumah. 

"Diduga buaya-buaya yang datang tersebut berasal dari wilayah hulu sungai terbawa banjir," katanya. 

Saat ini, banjir kerap melanda kawasan itu. Banjir terjadi lantaran debit air sungai yang meluap ketika pasang. Pada saat banjir, banyak rumah warga sekitar yang terendam terutama bagian belakangnya. Hal ini sangat rawan terjadi gangguan satwa liar seperti buaya, ular berbisa, dan hewan berbahaya lainnya. (USAY NOR RAHMAD/B-5) 

Berita Terbaru