Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Korban Banjir di Natai Baru Bangun Panggung di Rumah untuk Tempat Tidur

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 27 Mei 2022 - 09:15 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Banjir yang terjadi di Desa Natai Baru, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), merupakan yang tertinggi dalam puluhan tahun terakhir. 

Hal itu membuat masyarakat yang menjadi korban banjir harus mendirikan panggung di rumahnya untuk tempat tidur, makan dan menaruh barang. 

"Baru kali ini air sampai masuk rumah hingga setengah lutut. Kalau sebelumnya memang desa kami dilanda banjir, namun hanya jembatan saja, dan rata-rata rumah warga masih aman," ujar Kepala Desa Natai Baru, Sariansyah, Jumat, 27 Mei 2022. 

Meski ketinggian air sudah mencapai 60 cm dari permukaan jembatan di desa tersebut, warga masih tetap bertahan di rumah masing-masing. 

Itu karena mereka menganggap masih bisa tidur sambil berharap air segera turun. Namun, yang saat ini mereka khawatirkan adalah air sungai dari hulu turun atau terjadi hujan.

Jika hal itu terjadi, kemungkinan banjir akan semakin meningkat. Bisa saja mereka harus mengungsi dari lokasi tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Kalau terus meninggi, kami akan imbau masyarakat agar mengungsi ke tempat sanak keluarga mereka. Karena yang kami khawatirkan warga terserang penyakit gatal-gatal," terang Sariansyah. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru