Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Solok Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Gumas Minta Perbaiki Komunikasi dalam Keluarga untuk Cegah Timbulnya Kekerasan

  • Oleh Riska Yulyana
  • 27 Mei 2022 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas Iceu Purnamasari mengapresiasi adanya talk show yang diisi oleh Dinas Pengendalian Pendudukan, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) di Radio Hamauh.

"Saya mengapresiasi apa yang dilakukan oleh DP2KBP3A, karena dengan adanya talk show tersebut diharapkan masyarakat kabupaten Gunung Mas bisa tahu terkait pencegahan dan penanganan kekerasan pada perempuan dan anak," ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan olehnya, kekerasan seksual pada perempuan dan anak sering terjadi di lingkungan keluarga. Menurutnya hal tersebut bisa dicegah dengan mengubah kehidupan dan kebiasaan dalam keluarga.

Ketua Komisi III DPRD kabupaten Gumas ini menyarankan agar antara orangtua dan anak sebaiknya ada keterbukaan atau menjalin komunikasi yang baik sehingga tidak ada kesalahpahaman yang bisa menimbulkan amarah yang mengarah pada kekerasan. Selain itu, kedekatan antara orangtua dengan anak atau antar pasangan juga penting untuk mencegah kekerasan dalam keluarga.

Dalam kesempatan tersebut dikatakan bahwa kepala DP2KBP3A Kabupaten Gumas Maria Efianti juga mensosialisasi terkait undang-undang tentang kekerasan perempuan dan anak.

"Kami dari DPRD berharap sosialisasi terkait peraturan perundang-undangan tentang kekerasan pada perempuan dan anak, bagaimana mencegah dan menanggulangi kekerasan bisa dilakukan di tempat lain tidak hanya di Radio Hamauh, bisa juga di lingkungan RT atau kelurahan dan desa oleh pihak terkait," tandasnya. (RISKA YULYANA/B-5)

Berita Terbaru