Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Serang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puluhan Hektare Lahan Pertanian Terendam, Petani di Desa Sumber Makmur Kotim Gagal Panen

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 28 Mei 2022 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Akibat banjir yang melanda Desa Sumber Makmur, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, puluhan hektare lahan pertanian di wilayah itu terendam. Petani pun menderita kerugian jutaan rupiah karena gagal panen. 

"Kebun gambas, kacang panjang,  timun, dan lain-lain milik petani semua terendam. Kasihan mereka gagal total panen kali ini," ungkap Kepala Desa Sumber Makmur, Supriyo, Sabtu, 28 Mei 2022. 

Hal ini cukup ironis, karena sebagian besar, yakni sekitar 30 persen, pekerjaan warga di wilayah itu merupakan petani hortikultura. Lainnya sebagai petani buah kelapa sawit. 

"Jadi kalau ditotalkan ada sekitar 25 hektare lahan pertanian di wilayah itu," katanya. 

Sebagian besar lahan pertanian terendam setinggi pinggang orang dewasa. Sehingga mengakibatkan tanaman mati hingga buahnya tidak bisa dipanen. 

Sementara itu, Triono, salah seorang petani di Desa Sumber Makmur mengaku pasrah. Pihaknya hanya mengharapkan kepedulian pemerintah akan nasib para petani di desa itu. 

"Lima hari ini sudah kami tak bisa kerja. Semoga ini bisa jadi bahan pertimbangan pemerintah untuk membantu kami," kata Triono. 

Saat ini, selain bantuan sembako dan obat-obatan, petani juga mengharapkan akan ada bantuan bibit-bibitan tanaman. Sehingga apabila banjir telah surut mereka dapat segera memulai menanam kembali. (USAY NOR RAHMAD/B-7)

Berita Terbaru