Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarbaru Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dorong Pemerintah Prioritaskan Pembangunan Jalan dari Kalteng ke IKN

  • Oleh Donny Damara
  • 29 Mei 2022 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ibu Kota Negara (IKN) baru telah resmi pindah ke Nusantara yakni di Kaltim. Rencananya, pemerintah pusat akan pindah secara bertahap ke IKN baru pada tahun 2024 mendatang.

Tentu sebagai daerah yang berdekatan dengan IKN baru tersebut Kalteng akan menjadi salah satu penyangga yang diharapkan pembangunan di beberapa bidang perlu diprioritaskan oleh pemerintah seperti halnya infrastruktur jalan dari Kalteng menuju IKN Nusantara.

"Kita mendorong pemerintah agar dapat memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan dari Kalteng ke IKN guna mempercepat kesiapan provinsi ini menyambut pemerintah pusat yang akan pindah kesana pada tahun 2024 mendatang," kata Wakil Ketua II DPRD Kalteng, Jimmy Carter, Minggu, 29 Mei 2022.

Jimmy mengatakan, dengan pindahnya IKN ke Kaltim otomatis akan memberikan dampak yang besar bagi Kalteng. Terlebih, Kalteng yang berdekatan dengan IKN dan menjadi salah satu penyangga hal-hal yang berkaitan dengan dukungan terhadap IKN tersebut harus dapat diperhatikan.

Selain itu juga, dengan adanya infrastruktur yang memadai menuju IKN akan mempermudah kelancaran transportasi barang dan jasa serta mempercepat distribusi salah satunya hasil pertanian dari Kalteng ke IKN di Kaltim.

Dia menyebut, memang pada dasarnya kepindahan pemerintah pusat masih dalam waktu yang lama, namun tidak ada salahnya jika segala sesuatu terkait itu dipersiapkan dari sekarang, sehingga dalam jangka waktu dua atau tiga tahun mendatang rencana tersebut bisa direalisasi.

Di sisi lain, ia menyarankan dalam membangun infrastruktur jalan dari Kalteng menuju IKN ada baiknya tidak hanya mengandalkan APBD saja namun juga harus ada peran APBN. Pasalnya, pemerintah pusat memiliki kewajiban untuk mengembangkan atau memajukan wilayah-wilayah yang berdekatan langsung dengan IKN Nusantara.

"Semoga apa yang menjadi keinginan bersama ini dapat terwujud, karena memang sebagai salah satu penyangga, Kalteng harus diperhatikan dan mendapat perhatian. Banyak dampak yang akan dirasakan dengan adanya infrastruktur memadai ke IKN baik dari segi perekonomian maupun kesejahteraan masyarakat dan daerah," pungkasnya. (DONNY D)


TAGS:

Berita Terbaru