Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jember Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tetap Dilakukan Pemantauan Prokes Walau Sudah Dilakukan Pelonggaran

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 29 Mei 2022 - 17:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker bagi masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka. Meski demikian, pemantauan terhadap pelaksanaan kebijakan tersebut tetap akan dilakukan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kalteng, Riza Syahputra mengatakan, kebijakan tersebut diambil dengan memperhatikan kondisi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia, khususnya Kalteng yang semakin terkendali.

“Di Kalteng untuk tingkat penularannya sudah menurun jauh rata-rata 0-3 kasus setiap hari, tingkat BOR di rumah sakit pun menurun jauh. Sehingga kami berani untuk mengkuti anjuran presiden itu. Tapi kami akan tetap memantau pelaksanaannya kedepan,” katanya saat dihubungi Minggu 29 Mei 2022.

Riza mengatakan, sejauh ini tidak ada kekhawatiran terjadi lonjakan kasus penularan Covid-19. Pasalnya, selain karena cakupan vaksin yang mulai mencapai tatgetnya, perubahan perilaku masyarakat selama ini juga turut membantu.

Ia menuturkan untuk pengambilan kebijakan pelonggaran penggunaan masker di luar ruangan sudah sesuai dengan saran dan pendapat para ahli epidemologi.

“Lagi pula kebijakan ini mengharuskan masyarakat berada di ruang terbuka. Hal itu juga sesuai dengan saran dari para ahli atau epidemolog yang menyatakan, selagi diluar ruangan dan tidak ada kumpulan massa yang luar biasa, kalau hanya 1 atau dua orang maka akan aman saja,” jelasnya. (HERMAWAN DP/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru