Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BUMDes di Pulang Pisau Belum Berjalan Maksimal

  • Oleh Asprianta
  • 31 Mei 2022 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Pulang Pisau Deni Widanarni mengakui masih banyak Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di kabupaten setempat yang belum berjalan maksimal.

“Ada beberapa faktor yang menyebabkan BUMDes belum maksimal, bahkan tidak ada aktivitas usaha yang dilakukan," kata Deni Widanarni. 

Faktor yang menjadi penyebab BUMDes tidak berjalan maksimal diantaranya kepengurusan yang banyak berganti-ganti, kurangnya pembinaan akibat adanya pergantian kepala desa. 

Selain itu, faktor sumber daya manusia (SDM) yang tidak memiliki jiwa bisnis juga ikut berpengaruh terhadap berjalan tidaknya pengelolaan BUMDes. 

Untuk meningkatkan SDM BUMDes, terang Deni Widanarni, pihaknya juga telah melakukan kerjasama dengan Balai di Banjarbaru untuk memberikan pelatihan agar pengurus bisa meningkatkan wawasan dan pengetahuan terhadap pengelolaan BUMDes.

"Tahun 2021 dan 2022 ini sudah ada puluhan pengurus BUMDes yang telah diberikan pelatihan," ucapnya. 

Menurut Deni Widanarni, selepas pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, DPMD setempat kembali melakukan pemetaan agar mendapatkan data terkait dengan mana BUMDes yang aktif dan tidak aktif. 

Selanjutnya, BUMDes yang tidak aktif dievaluasi dan diberikan surat untuk mengetahui apa yang menjadi permasalahan. 

"Selain BUMDes juga ada BUMDESMA. Baru satu BUMDESMA yang berjalan yakni di Kecamatan Kahayan Tengah dan ada sebanyak empat BUMDes yang telah memiliki badan hukum dan terdaftar di KemenkumHAM, meski BUMDes lainnya juga tetap diakui keberadaannya," ungkapnya. 

Deni Widanarni menegaskan pemerintah desa bisa saja mengganti atau memperbaharui kepengurusan BUMDes jika dinilai vakum atau tidak berjalan dengan dasar adanya hasil dan berita acara dari Musyawarah Desa (Musdes). 

Pemerintah desa itu sendiri yang lebih mengetahui apa yang menjadi permasalahan dan penyebab pengelolaan maupun kepengurusan BUMDes itu tidak berjalan, termasuk dalam pertanggungjawaban aset-aset yang dimiliki BUMDes. 


TAGS:

Berita Terbaru