Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng Perhatikan Serius Kisruh Warga Vs Wilmar Grup, ini Penekannya

  • Oleh Tim Borneonews
  • 31 Mei 2022 - 08:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran meminta perusahaan besar sawit (PBS) setempat segera melaksanakan kewajiban memfasilitasi pembangunan kebun masyarakat.

Gubernur mengatakan, ia mencermati secara serius soal kisruh yang terjadi beberapa hari lalu di grup perusahaan Wilmar, PT Mustika Sembuluh I. Pemprov Kalteng bersama Pemkab Kotim dan Seruyan segera melakukan pengecekan untuk meninjau langsung.

"Saya sudah hubungi langsung Bupati Kotim dan Seruyan untuk mengoordinasikan hal ini. Nanti kami akan cek sama-sama ke sana, untuk menindaklanjuti informasi tersebut," paparnya, Selasa, 31 Mei 2022.

Dia menegaskan, dalam hal apapun terkait dengan hak dan kepentingan masyarakat, pemerintah harus hadir. Masyarakat diimbau untuk menahan diri dan menyerahkan penyelesaian melalui koordinasi intensif antara pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, serta pihak terkait.

"Pemerintah harus hadir di tengah-tengah masyarakat, karena itu merupakan pengejewantahan dari tugas dan tanggung jawab yang diamanatkan rakyat, terlebih selaku kepala daerah. Masyarakat juga harus menahan diri, sabar dan menyerahkan kepada pemerintah dan pihak terkait untuk upaya melakukan koordinasi dengan baik," katanya.

Gubernur mengingatkan, setiap ada permasalahan antara masyarakat dan kebun, yang berdampak pada aktivitas masyarakat dan perusahaan itu sendiri harus segera diselasaikan. Selain itu ia katakan, saat ini ada wacana pemerintah pusat untuk melakukan audit perusahaan sawit.

 "Kami menekankan pihak perusahaan sawit atau PBS lainnya segera merealisasikan plasma untuk masyarakat," katanya dalam keterangan yang diterima di Palangka Raya.

Gubernur juga sudah mengarahkan dinas terkait, seperti perkebunan, kehutanan, bidang hukum, untuk berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam upaya penegakan hukum.

Selain itu, Sugianto juga menyambut baik pemerintah pusat dalam upaya mengaudit perusahaan sawit, yakni untuk di Kalteng juga melakukan upaya pengecekan tim terpadu.

"Apabila ditemukan yang melanggar hukum, akan ditindak tegas, kalau perlu kami cabut izinnya," jelasnya.

Berita Terbaru