Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Aru Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Minta Pemda Fokus Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

  • Oleh Donny Damara
  • 31 Mei 2022 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Lohing Simon meminta agar pemda dapat fokus dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian di tahun 2022. Itu disampaikan karena sektor tersebut merupakan salah satu yang terdampak cukup parah akibat pandemi Covid-19.

Menurutnya, untuk dapat meningkatkan perekonomian daerah, sektor pertanian terintegrasi maupun perikanan menjadi potensi yang bisa dimaksimalkan oleh pemerintah. Apalagi dengan adanya program skala nasional yang sudah berjalan di Kalteng.

"Kalau kami dari dewan di 2022 ini, apa yang sudah di programkan itu yang kita bahas, dan yang kita setujui dari segi anggaran. Jadi, fokus kegiatan untuk pertumbuhan ekonomi itu bisa dimaksimalkan di pertanian maupun perikanan," ucapnya, Selasa, 31 Mei 2022.

Dia mengatakan, sektor perikanan memiliki potensi yang bagus untuk mendongkrak pendapatan daerah. Contohnya, seperti pengembangan budidaya undang vaname atau shrimp estate di Sukamara.

"Pengembangan program tersebut dapat diperluas tidak hanya di Sukamara namun di daerah lain di Kalteng, khususnya di wilayah Kalteng bagian barat seperti kabupaten Seruyan yang memang memiliki potensi serupa," jelasnya.

Sementara itu, pertanian terintegrasi seperti food estate juga menunjukan banyak kemajuan. Tidak hanya pertanian pangan, melainkan peternakan, perikanan, maupun holtikultura dapat dikembangkan disana.

"Namun, pengembangan itu tidak hanya dilakukan di daerah trans saja, tetapi merata ke daerah lainnya, supaya makin banyak masyarakat merasakan dampak positif dari program itu. Jadi menurut saya, di 2022 untuk menjaga kestabilan ekonomi bisa difokuskan ke bidang perikananan maupun bidang pertanian secara umum," tukasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru