Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan: Maknai Hari Lahir Pancasila Sebagai Instrumen Bermasyarakat

  • Oleh Hendri
  • 01 Juni 2022 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya Wahid Yusuf mengingatkan pentingnya Pancasila sebagai dasar berbangsa dan bernegara. Bagi generasi penerus bangsa dan seluruh golongan untuk terus merefleksikannya sebagai instrumen hidup bermasyarakat.

Pesan ini disampaikan Wahid dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni. Peringatan ini merupakan lahirnya sebuah dasar ideologi dan konstitusi bangsa Indonesia yang wajib diperingati sebagai penanda jiwa kebangsaan.

"Peranan kita sebagai anak bangsa, terutama pejabat dan penyelenggara pemerintahan harus mampu menumbuhkan rasa patriotisme kebangsaan kepada anak penerus bangsa. Siapa lagi kalau bukan kita,” katanya.

Pentingnya menanamkan pemahaman akan berartinya jiwa patriotisme bagi generasi penerus, merupakan amanat dari para pendiri bangsa. Untuk itu, kebangsaan dan jiwa negarawan serta cinta tanah air melalui Pancasila harus terus dijaga.

“Pancasila bukan datang dengan ide dan gagasan yang tiba-tiba, namun dengan proses yang begitu panjang dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Ini tantangan kita, bagaimana meneruskannya bagi generasi berikutnya," ungkapnya.

Selain itu, Politisi Partai Golkar ini juga mengajak agar pemuda di kota setempat bisa lebih memahami dan memaknai Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia. Hal tersebut ditegaskan Wahid atas keprihatinannya terhadap generasi muda yang perlahan-lahan mulai tergerus arus globalisasi dunia dan perkembangan zaman.

"Semoga pada momen ini, kesadaran kita akan pentingnya Pancasila bagi diri kita bisa ditingkatkan. Bahkan dengan hal terkecil yakni menghafalkan seluruh sila bisa kita lakukan," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru