Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kunjungi Google di Singapura, Sandiaga Berencana Lanjutkan Kolaborasi

  • Oleh ANTARA
  • 02 Juni 2022 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengunjungi Kantor Google Asia Pacific di Singapura sebagai upaya merencanakan kelanjutan kolaborasi dengan Google guna membangun sektor ekonomi kreatif di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, ia menemui Presiden Google Asia Pasifik, Scott Beaumont, beserta jajarannya untuk membahas antara lain terkait gaming, pelatihan, program Google Destinations, serta tren pencarian pariwisata di Indonesia.

“Melalui diskusi ini, diharapkan akan lahir bentuk kerja sama, kolaborasi, dan saling dukung antara pemangku kepentingan dan pemerintah sehingga dapat menjangkau lebih banyak lagi partisipan dan perhatian publik pada potensi ekonomi kreatif di Indonesia,” katanya, di Singapura, Rabu.

Ia turut berterima kasih kepada Google yang telah menyatakan komitmen untuk berkolaborasi dengan pihaknya dalam pengembangan sektor gim melalui akses permodalan, pelatihan bagi tim Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta sertifikasi keahlian dari Google.

Selain itu, ia mengapresiasi Google terkait tren pencarian destinasi wisata dalam mesin pencari korporasi tersebut yang dinilai mampu menekan biaya promosi.

"Kami sangat puas dengan hasil dari pertemuan dan kami rasa itu adalah upaya kita untuk memulihkan ekonomi, memastikan perekonomian bergerak dengan keseimbangan yang tepat. Kita rasa pilihan yang tepat bekerja sama dengan Google," ungkap dia.
 

Selama ini, kerja sama Kementerian Pariwiata dan Ekonomi Kreatif dengan Google telah berjalan dengan baik. Salah satunya program Gapura Digital, yakni kegiatan yang mendukung Usaha Kecil Menengah Indonesia untuk memajukan bisnis melalui digital.

Presiden Google Asia Pasifik Scott Beaumont optimis kolaborasi antar kedua belah pihak akan mencapai tujuan bersama, yakni kepulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

"Program yang akan kami jalankan, 'Bangkit Bersama' misalnya dengan pemerintah Indonesia, kami akan mencari kemitraan, termasuk investasi yang akan kami buat, sehingga dapat mencapai tujuan bersama. Dengan pariwisata terbaik, dengan pelatihan terbaik, akan semakin memulihkan dan memperkuat ekonomi," ucap Beaumont.

Beberapa kegiatan yang juga telah dilakukan Google di Indonesia ialah Google Play Indie Games Accelerator, kegiatan inkubasi antara Indonesia dengan Jepang untuk memberikan pelatihan kepada pembuat gim/pengembang

Kemudian ialah Indonesia Google Play Study Jams, kegiatan pembelajaran secara online untuk para pengembang aplikasi/gim yang ada di Indonesia melalui grup belajar.

ANTARA

Berita Terbaru