Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seekor Lutung Nangkring di Pohon Depan Kantor PWI Kobar, Petugas BKSDA Langsung Datang

  • Oleh Wahyu Krida
  • 02 Juni 2022 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Suasana di sekitar kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kotawaringin Barat (Kobar) mendadak heboh pada Kamis, 2 Juni 2022 sekitar pukul 10.30 WIB.

Pasalnya, di sebuah pohon cemara depan Kantor PWI tersebut, terlihat satwa dilindungi yaitu seekor monyet jenis lutung atau Trachypithecus sedang asyik nangkring di atas dahan pohon dengan ketinggian sekitar 10 meter.

Tidak jelas dari mana satwa ini bisa berada di atas pohon itu. Mengetahui hal tersebut, beberapa jurnalis anggota PWI Kobar segera menghubungi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun, agar satwa dilindungi tersebut bisa dievakuasi.

Salah seorang staf BKSDA SKW II Pangkalan Bun, Iman Mukarom mengatakan, pascamenerima laporan, pihaknya segera mendatangi lokasi dibantu dengan volunter dari OFI untuk proses evakuasi.

"Proses penangkapan menggunakan peluru bius memang agak sulit karena Lutung tersebut berada di dahan yang tinggi, serta rimbunnya ranting dan daun pada pohon," jelas Imam Mukarom.

Bahkan, menurut Imam Mukarom, saat tembakan bius pertama mengenai bagian paha satwa tersebut, masih belum membuatnya lumpuh.

"Saat ini proses evakuasi masih terus dilakukan. Sambil menunggu momen agar bagian paha lutung bisa ditembak tidak membahayakan satwa ini. Bila terkena peluru bius, semoga dalam waktu tidak lama, monyet tersebut bisa jatuh ke jaring pengaman yang telah disediakan," jelas Imam Mukarom. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru