Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Indragiri Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Belum Ada Laporan Gagal Panen Akibat Banjir di Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 03 Juni 2022 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur, Trikorianto mengatakan belum ada laporan petani yang mengalami gagal panen akibat banjir yang melanda puluhan desa di Barito Timur tanggal 26 - 27 Mei 2022.

"Untuk sementara kami cek dari 10 Kecamatan belum ada laporan petani yang mengalami kerugian akibat banjir. Kalau nanti di luar hasil pendataan kami ada laporan, kami akan memberikan bantuan," kata Trikorianto di kantornya, Jumat, 3 Juni 2022.

Dia menjelaskan, tidak ditemukannya petani yang mengalami kerugian atau gagal panen karena saat terjadi banjir, petani sudah selesai memanen padi.

"Rata-rata sudah selesai panen dan akan memulai tanam baru namun belum ada penyemaian sehingga sampai sekarang belum ada petani yang melaporkan kerugian," imbuhnya

Trikorianto memastikan pihaknya tetap akan menindaklanjuti jika di kemudian hari ada laporan atau klaim dari petani terkait kerugian yang disebabkan banjir.


Sebelumnya, Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas menegaskan telah menginstruksikan SOPD terkait untuk melakukan penanganan pasca banjir bagi warga terdampak di desa-desa yang dilanda banjir beberapa hari lalu.

"Kemarin kita sudah melakukan rapat terkait penanganan sarana prasarana yang rusak sekaligus dampak penyakit yang diderita masyarakat pascabanjir," ujar Bupati saat diwawancara usai pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional atau BIAN di SDN 3 Tamiang Layang, Selasa, 31 Mei 2022.

Menurutnya, warga yang terdampak banjir rentan terserang penyakit diare maupun gatal-gatal. Karena itu, dia menginstruksikan dinas kesehatan mengantisipasi penularan penyakit tersebut.

"Di bidang pertanian, perikanan dan peternakan juga banyak kerugian dialami masyarakat, kita akan upayakan agar mereka bisa mendapatkan ganti bibit dan benih," imbuh Ampera.

Data yang dirilis oleh BPBD Damkar Barito Timur menyebutkan, sebanyak 31 desa/kelurahan pada 8 kecamatan dilanda banjir akibat hujan lebat yang melanda sebagian besar wilayah Barito Timur.

Adapun rincian desa yang dilanda banjir, di Kecamatan Dusun Timur 4 desa/kelurahan, Paku 7 desa, Pematang Karau 8 desa, Awang 2 desa, Raren Batuah 4 desa, Karusen Janang 2 desa, Patangkep Tutui 3 desa dan Kecamatan Dusun Tengah 1 desa. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru