Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Ternate Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Palangka Raya Minta Pemerintah Bantu UMKM agar Berkembang

  • Oleh Hendri
  • 09 Juni 2022 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya, Nenie A Lambung meminta pemerintah berkontribusi dalam memulihkan perekonomian UMKM sebagai akibat dari pandemi Covid-19.

Sebab, menurutnya salah satu yang paling berdampak akibat pandemi adalah pelaku UMKM yang justru sampai sekarang belum banyak mendapat perhatian dari pemerintah meskipun sedang dalam transisi dan pemulihan ekonomi.

"Bantuan UMKM tersebut bisa dilakukan salah satunya melalui program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM). Karena BPUM ini memang bantuan yang diberikan pemerintah kepada pelaku usaha mikro," katanya, Kamis 9 Juni 2022.

Politisi PDIP itu menyebutkan bantuan tunai untuk masyarakat pada awal pandemi itu sempat ada di angka Rp 2,4 juta, kemudian pada periode berikutnya Rp 1,2 juta dan ke depannya akan ada 600 ribu untuk tiga juta UMKM.

Selain bantuan langsung ia juga berharap adanya dukungan dalam pendampingan kepada UMKM yang ada agar bisa tumbuh dan berkembang. Misalnya tentang manajemen bisnis, pemasaran serta kemudahan memperoleh izin usaha.

"Yang jadi harapan kami bukan sekadar bantuan, sebenarnya bukan soal duitnya saja tapi soal bagaimana ada yang mendorong mereka bagaimana bisa tumbuh dan berkembang," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru