Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Batam Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wagub Kalteng Sebut Deteksi Dini Solusi Meminimalisir Bencana Karhutla

  • Oleh Donny Damara
  • 09 Juni 2022 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo menyebut salah satu solusi meminimalisir bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yaitu dengan melalukan deteksi dini.

Oleh karena itu, pihak-pihak terkait yang bertugas melaksanakan penanganan karhutla di lapangan supaya dapat menerapkan upaya deteksi dini demi mengantisipasi kejadian karhutla.

"Lakukan antisipasi dengan deteksi dini untuk penanganan karhutla. Jangan sampai menunggu api membesar, baru ditangani. Dengan deteksi dini, maka bencana yang lebih besar dapat dimininalisir," ujarnya, Kamis, 9 Juni 2022.

Dikatakannya, periode musim kemarau biasanya dimulai pada bulan Juni. Namun hingga saat ini cuaca masih tergolong tidak menentu sebab khususnya di Kalteng sendiri masih terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Akan tetapi, meski demikian upaya-upaya atau langkah salah satunya deteksi dini terhadap potensi terjadinya karhutla tetap harus dilakukan. Pasalnya, karhutla terjadi bisa tanpa diketahui dan terjadi secara tiba-tiba ketika saat tidak terjadi hujan.

"Kita jangan pernah berhenti mematangkan strategi atau upaya untuk mengantisipasi kehadian karhutla, karena ini penting agar Kalteng bisa bebas dari kabut asap yang tentunya berbahaya bagi kesehatan. Harapan kita seluruh daerah bisa melaksanakan itu dengan optimal," pungkasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru