Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dorong Pengoptimalan Peningkatan PAD Melalui Sektor Strategis

  • Oleh Donny Damara
  • 11 Juni 2022 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Lohing Simon mendorong adanya pengoptimalan peningkatan PAD melalui sektor strategis oleh pemda baik provinsi, kabupaten dan kota di Kalteng.

Dia mengatakan, ada banyak sektor strategis yang apabila dioptimalkan dapat memacu peningkatan PAD diantaranya seperti pelabuhan, perpajakan, usaha milik daerah atau BUMD, pertanian dan lain sebagainya.

"Di Kalteng sendiri sektor-sektor strategis ini ada banyak yang dapat dioptimalkan. Bukan berarti selama ini semua itu tidak optimal tapi memang harus dipacu lagi agar maksimal, sehingga bisa berdampak pada PAD," ujarnya, Sabtu, 11 Juni 2022.

Dia mencontohkan seperti salah satunya pelabuhan, sektor ini dapat mendorong peningkatan PAD melalui aktivitas atau kegiatan bongkar muat barang dan jasa. Agar optimal, didalam pengelolaannya pemda harus memperhatikan sarana dan prasaranan atau fasilitas pendukung di pelabuhan.

Menurutnya, jika sarana dan fasilitas pendukung tersebut diperhatikan maka akan berdampak positif terhadap kelancaran aktivitas bongkar muat barang dan jasa di pelabuhan, serta imbasnya juga akan dirasakan daerah dari segi peningkatan PAD.

"Apabila ingin PAD meningkat maka sektor-sektor strategis yang ada di provinsi ini harus dioptimalkan. Seperti pelabuhan, perpajakan dan sektor lainnya yang memang strategis dapat mendorong peningkatan PAD," pungkasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru