Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Supiori Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Ingatkan Warga Waspada Penipuan Atas Nama Bank

  • Oleh Hendri
  • 11 Juni 2022 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Penipuan mengatasnamakan bank sering terjadi dengan berbagai modus. Ini merupakan kriminalitas yang dilakukan oleh orang tak bertanggung jawab demi mendapatkan keuntungan pribadi.

Pelaku biasanya akan berpura-pura sebagai pegawai bank dan meminta informasi pribadi nasabah untuk mendapatkan akses ke rekening tabungan.

"Kejadian seperti ini sering terjadi, namun dengan pesatnya teknologi modus penipu juga semakin canggih. Untuk itu kita perlu waspada dengan hal-hal yang menjanjikan keuntungan di Sosmed maupun yang kita terima secara personal," kata anggota DPRD Palangka Raya, Ruselita, Sabtu 11 Juni 2022.

Ketika dihubungi nomor tertentu yang mengaku orang Bank, masyarakat diharapkan tidak memberikan data pribadi seperti nomor rekening, nomor kartu, PIN, user dan password internet banking, OTP dan lain sebagainya.

Biasanya kata dia, kalau pihak perbankan memberikan hadiah undian atau lain sebagainya, kebanyakannya selalu diinformasikan melalui media massa serta layanan informasi yang mereka miliki di kantornya, agar para nasabah lebih mengetahuinya.

"Ketika menerima SMS, WhatsApp maupun telepon seluler jangan mudah pernah percaya 100 persen terkait apa yang disampaikan oleh oknum tersebut, agar kita terhindar dari penipuan," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru