Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Ingatkan Pemkab Kotim Harus Siap Hadapi Musim Kemarau

  • Oleh Naco
  • 11 Juni 2022 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit  – Sekretaris  Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Syahbana meminta agar pemerintah kabupaten siap menghadapi musim kemarau.

Pemerintah, kata dia, harus bersama dengan masyarakat, mempersiapkan satuan tugas (Satgas) kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di setiap desa. 

Di sisi lain, ia juga mengingatkan, jangan sampai ketidaksigapan pemerintah dalam memadamkan api akan jadi permasalahan kedepannya.

Jauh hari sebelumnya, DPRD sudah menekankan agar Pemkab Kotim menginstruksikan pemerintah desa memiliki Satgas Karhutla.

"Satgas ini dibantu peralatannya dari pemerintah. Namun ternyata Satgas itu belum ada, bahkan pemerintahan desa juga mengaku kesulitan karena sistem dan mekanisme penganggaran untuk perlengkapan hingga logistik para petugas, tidak dianggarkan melalui dana desa,” katanya, Sabtu, 11 Juni 2022.

Dengan dana desa, seyogyanya bisa membiayai pembentukan Satgas Karhutla di tingkat desa. Selain itu, juga bisa digunakan untuk membeli peralatan pemadam kebakaran. 

Hal itu, tambah dia, tidak akan menyalahi aturan dan tidak bisa dikatakan penyalahgunaan anggaran. Yang penting itu jangan fiktif, semuanya harus riil, ada laporan dan barangnya.

"Justru pemdes salah jika areal desa dibiarkan terbakar, sementara dana desa tidak digunakan dan setiap tahun hanya jadi silpa. Artinya, kepala desanya yang tidak beres, mengelola dana desa. Karena membiarkan daerahnya terbakar dan tidak ada keberanian menggunakan dana desa,” tandasnya. (NACO/B-7)

Berita Terbaru