Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Cilegon Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menpora: Piala Presiden Jadi Role Model Liga 1 dan 2

  • Oleh ANTARA
  • 12 Juni 2022 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Solo - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan turnamen pramusim Piala Presiden 2022 dapat digunakan menjadi role model dengan hadirnya penonton pada musim kompetisi Liga 1 dan 2 2022/2023 mendatang.

Turnamen pramusim telah dimulai pada laga Piala Menpora pada 2020 menjadi percobaan untuk kompetisi Liga 1 dan 2, tetapi waktu itu belum ada penonton karena COVID-19 masih tinggi, kata Menpora saat pembukaan Turnamen Piala Presiden di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah,Sabtu.

Menurut Menpora turnamen Piala Presiden 2022, juga menjadi tempat mencoba pertandingan dihadiri oleh penonton. Kalau ini sukses pada saat menggulirkan Liga 1 dan 2 pada 2022/2023 itu pasti menjadi model standar.

Hal itu, begitu juga untuk Piala Dunia U-20 2023 yang akan memakai cara ini," kata Menpora.

Oleh karena itu, pihaknya perlu meneliti mungkin mana-mana yang harus diamankan atau diperbaiki akan dicatat dan dibawa ke kompetisi karena Stadion Manahan Solo, juga salah satu tempat kompetisi.

Menpora mengatakan memulai dari turnamen pramusim artinya adalah persiapan menuju kompetisi musim 2022/2023 dengan mulai mencoba dengan penonton.


"Pemerintah mengapresiasi, persiapan dari PSSI, PT LIB, Polri atau Kapolda jajaran telah menyiapkan pembukaan turnamen ini," kata Menpora.

Suporter atau penonton yang datang adalah terseleksi, artinya yang mempunyai tiket, Hal ini, persiapan telah dilakukan jauh-jauh hari pada saat Menpora memimpin rapat koordinasi dengan Polri, Satgas COVID-19, tim kesehatan.

Ketum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan untuk penonton sudah disepakati 75 persen dari kapasitas stadion. Stadion Manahan Solo kapasitas 20 ribu penonton, sehingga penjualan tiket masuk hanya 15.000 penonton.

Jumlah itu, sudah luar biasa, penonton semua diakomodir. Pemerintah telah menyiapkan sejumlah layar di tempat tertentu untuk bisa ditonton masyarakat. Artinya, penonton antusias ingin datang ke stadion melihat langsung tim kebanggaannya.

Hal ini, harapannya agar suporter betul-betul bisa menempatkan diri seperti waktu situasi COVID-19. Tidak boleh datang ke stadion cukup nonton di rumah saja. "Saya minta yang datang ke stadion yang bertiket dan diharapkan tidak ada kerumunan di luar'.

Sementara itu, Kepala Polda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan ketentuan masyarakat yang menonton di stadion dalam turnamen Piala Presiden, minimal mempunyai vaksin primer dua kali.

"Untuk aglomerasi Solo raya hampir 125 persen sudah divaksin primer. Jadi secara formal kami mampu melaksanakan turnamen ini. Kedua wilayah Solo Raya masuk level 1, artinya kami percaya diri hal ini, mampu untuk menggelar turnamen," kata Kapolda.

Stadion Manahan Solo kapasitas 20.000 penonton dan hanya diisi 15.000 penonton. memang ada sport-sport telah diberikan untuk masyarakat penonton di wilayah Solo hal ini bisa menjadi role model ke depan. 

ANTARA

Berita Terbaru