Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Siak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peringatan HLUN ke 26, Lansia Bahagia Lamandau Juara

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 12 Juni 2022 - 16:51 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau menggelar Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 26 sekaligus vaksin massal di Lapangan Kertawana, Kelurahan Nanga Bulik.

Peringatan HLUN ke 26 itu bertajuk "Lansia Sehat, Indonesia Kuat" dan sub tema "Lansia Bahagia, Lamandau Juara". Pada peringatan HLUN tahun ini, Bupati Lamandau Hendra Lesmana langsung berada di tengah-tengah para peserta.

"Ini bentuk perhatian kami terhadap lansia. Sehingga diharapkan lansia mandiri, sejahtera dan bermartabat," ungkap Bupati Hendra, Minggu 12 Juni 2022.

Bahkan hal demikian telah tertuang dalam Strategi Nasional (Stranas) kelanjutusiaan. Tujuannya sebagai bentuk penghargaan terhadap nilai historis dan strategis bangsa Indonesia.

Peringatan hari lanjut usia nasional tersebut telah ada sejak pencanangannya pada 1996 dan ditetapkan pada 29 Mei sebagai HLUN.

"Saya berharap agar seluruh masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam mewujudkan lansia yang mandiri, tidak bergantung pada orang lain dan dapat menjadi teladan untuk menjunjung tinggi martabat para lansia," ucapnya.

Pemkab melalui Dinsos Kabupaten Lamandau telah melaksanakan beberapa program kegiatan terkait peningkatan kesejahteraan lanjut usia dalam rentang waktu 2019 hingga 2022.

Di antaranya Usaha Ekonomi Produktif (UEP), Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD), atensi lansia, bedah kamar lansia, free payment lansia, serta pembagian sembako bagi lansia.

"Peringatan HLUN ini di selenggarakan agar terciptanya kebersamaan antara Pemerintah Kabupaten dengan lansia dan meningkatkan mental healthy lansia," terang Plt Kadinsos Kabupaten Lamandau Nanang Rully. (HENDI NURFALAH/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru