Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diskominfo SP Murung Raya Ajak Masyarakat Cerdas Bermedsos

  • Oleh Trisno
  • 13 Juni 2022 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Media Sosial (Medsos) merupakan salah satu bentuk dari kemajuan teknologi di bidang informasi dan komunikasi, yang timbul di era modern saat ini.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (KominfoSP) Kabupaten Murung Raya (Mura) Bimo Santoso, meminta kepada masyarakat wilayah ini agar selalu bijak dalam menggunakan media sosial (Medsos). Jangan sampai terjebak pada hal-hal negatif yang dapat merugikan diri sendiri dan khalayak ramai.

Karena, menurutnya jika bermedia sosial tidak diimbangi dengan penggunaan sesuai kebutuhan, akan berdampak buruk pada diri sendiri dan orang lain.

“Apabila media sosial tidak digunakan secara bijak, maka dapat menimbulkan sebuah permasalahan yaitu penyalahgunaan media sosial berupa menyebarkan informasi yang dapat menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan kelompok tertentu (SARA), berita bohong atau hoaks, sehingga perilaku tersebut akan dikenakan sanksi sesuai dengan Undang-undang yang berlaku,” kata Bimo, Senin kemarin  di Puruk Cahu.

“Kita harus siap dan bijak serta harus bisa bersifat produktif dalam menggunakan atau bermedia sosial dan waspadai hoaks di dunia maya,” ujarnya.

Bimo setuju bahwa kebebasan berekspresi adalah bagian dari demokrasi. Namun ia pun mengingatkan agar kebebasan itu selalu mengikuti peraturan dan etika yang ada di masyarakat.

Karena kata Bimo ada norma dan etika yang juga harus diperhatikan dalam bermedia sosial dan aturan tersebut sudah jelas dan tersosialisasi dengan baik di masyarakat.

Bimo mengatakan ambil sisi positif dari kemajuan teknologi informasi saat ini, karena ada banyan manfaat yang bisa didapat apabila teknologi tersebut digunakan dengan baik dan positif. (Trs)

Berita Terbaru