Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tanjung Balai Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Taty Narang Hadiri Peringatan Hari Kesatuan Gerakan PKK

  • Oleh Asprianta
  • 13 Juni 2022 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Pulang Pisau (TP - PKK Pulpis) menggelar acara Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke — 50 Tahun 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Umum Handep Hapakat Pulpis itu dihadiri langsung Bupati Pulpis Pudjirustaty Narang, Senin (13/06/2022).

Dalam sambutan ketua umum TP PKK RI yang disampaikan Bupati Perempuan pertama Pulpis itu menyebutkan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke - 50 itu menjadi sangat istimewa, karena merupakan Peringatan Tahun Emas Gerakan PKK di Indonesia.

"Melalui Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK kali ini saya menginginkan agar Gerakan PKK kembali pada ruh-nya, yaitu sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga. Artinya apa Keluargalah yang harus menjadi fokus perhatian kita, keluargalah yang juga harus kita berdayakan," ucapnya. 

Taty, sapaan akrab Bupati Pulpis juga menyampaikan hal itu karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat. Sehingga apabila keluarga - keluarga di Indonesia ini dapat diberdayakan sesuai dengan potensi dan kebutuhannya, berarti Gerakan PKK juga berpotensi memberdayakan masyarakat secara keseluruhan.

Oleh karena itulah, lanjutnya, menjadi sangat beralasan bilamana Tema Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke -50 Tahun 2022 ini, adalah Lima puluh Tahun Gerakan PKK: Berbakti untuk Bangsa, Berbagi untuk Sesama.

"Tema ini harus melekat dalam hati sanubari kita semua sebagai Keluarga Besar Gerakan PKK. Tema ini juga harus menjadi tekad kita bersama, bahwa kita ingin mendedikasikan semua pengabdian dan kiprahnya Gerakan PKK dalam ikut serta memajukan dan mensejahterakan masyarakat, yang berarti juga untuk kemajuan negara dan bangsa Indonesia," katanya.

Menurutnya sepanjang 50 tahun perjalanan Gerakan PKK, tentu banyak hal yang telah dilakukan. Dinamika perjalanan Gerakan PKK selama ini, bisa menjadi bahan pembelajaran bagi semua pihak, bahwa upaya memberdayakan keluarga dan masyarakat itu perlu dilakukan dengan pendekatan cipta rasa dan karsa, yakni dengan hati dan niat yang tulus.

"Oleh karena itu, Gerakan PKK pada hakekatnya dilakukan dengan pendekatan partisipatif dan kerjasama," tambahnya. 

Selain itu, lanjutnya, momentum Peringatan HKG-PKK, juga harus mampu didayagunakan sebagai media untuk mawas diri secara kelembagaan dan melakukan evaluasi dalam program. 

Untuk melakukan hal itu, sudah ada instrumen manajemen kelembagaan dan program sebagaimana kita sepakati bersama dalam forum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IX PKK Tahun 2021.

"Sesuai dengan kesepakatan Hasil Rakernas IX, maka saya berharap agar langkah penyesuaian manajemen kelembagaan Tim Penggerak PKK dapat dilakukan di semua jenjang," tutup Taty membacakan sambutan.

Selain Bupati Pulpis, Kegiatan yang diisi dengan pemotongan tumpeng juga dihadiri oleh Sekda Pulpis, Kapolres Pulpis, Perwira Penghubung Kodim 1011 KLK, Wakil Ketua II DPRD Pulpis, Didampingi Ketua TP PKK Pulpis dan jajaran Kepala OPD dilingkup Pemkab Pulpis. (ang)

Berita Terbaru