Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sorong Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dua Destinasi Wisata Kobar Masuk Nominasi Kategori Wisata Baru dan Surga Tersembunyi

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 13 Juni 2022 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kembali menunjukkan pesonanya di kancar nasional. Kali ini, dua destinasi wisata Kobar masuk nominasi dengan kategori yaitu wisata baru dan surga tersembunyi dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022.

Melalui surat yang ditujukan kepada seluruh kabupaten/kota yang mengikuti ajang API Award 2022 dan melalui instagram API Award pada Mei 2022, panitia penyelenggara menyampaikan nominasi API 2022 untuk Kobar kategori Destinasi Baru yaitu Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan dan kategori Surga Tersembunyi yaitu Riam Uak Panahan, Desa Panahan, Kecamatan Arut Utara.

Diketahui bahwa pada April 2022, API Award 2022 mulai digelar. API Award merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap dunia  pariwisata Indonesia.

Di samping itu, penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak, terutama pemerintah daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerah masing-masing.

Ada beberapa tahap yang harus dilalui dalam penyelenggaraan ajang ini. Dimulai dari bulan April hingga akhir Mei 2022 seleksi penentuan nominasi pariwisata seluruh Indonesia. Awal Mei 2022, jadwal pengumuman nominasi dan sosialisasi.

Pada Juni sampai Oktober 2022, jadwal campaign vote dan promosi pariwisata Indonesia dan pada November 2022, akan diumumkan pemenang dalam puncak Malam Anugerah Pesona Indonesia 2022 yang dijadwalkan diselenggarakan di Kota Banda Aceh.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pariwisata Kobar, Wahyudi mengatakan sangat bersyukur bahwa Desa Pasir Panjang dan Riam Uak Panahan masuk dalam nominasi API Award 2022.

"Tidak disangka-sangka, 2 kategori yang diikuti Kobar bisa masuk ke dalam nominasi. Ini juga salah satu strategi branding kita ke tingkat nasional dalam hal memperkenalkan destinasi wisata  yang ada di Kotawaringin Barat," ujarnya.

Wahyudi berharap, hingga 31 Oktober 2022, Desa Pasir Panjang dan Riam Uak di Desa Panahan, akan memperoleh suara terbanyak.

Ia juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk selalu mendukung keduanya dengan mengirimkan SMS sebanyak-banyaknya ke 99386 ketik API_17D untuk Desa Pasir Panjang dan API_18I untuk Riam Uak Panahan.

Berita Terbaru