Aplikasi Software Pilkada Terbaik di Indonesia

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemda Diminta Penuhi Ketersediaan Informasi Bagi Masyarakat Terpencil

  • Oleh Donny Damara
  • 14 Juni 2022 - 07:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Duwel Rawing meminta agar pemerintah daerah dapat memenuhi ketersediaan informasi bagi masyarakat terpencil, khususnya bagi para pelajar Kalteng yang berada di wilayah yang belum atau sulit terjangkau jaringan internet.

Menurutnya, dengan masih banyaknya kawasan atau desa yang belum terjangkau sinyal dan jaringan internet sangat berdampak pada terhambatnya pelaksanaan pendidikan. Akan tetapi, hal itu diharapkan tidak menjadi penghalang bagi pemerintah untuk mendorong kemajuan pendidikan di provinsi ini.

"Salah solusi yang bisa dilakukan untuk menunjang pendidikan dan informasi global di daerah pelosok atau yang sulit terjangkau jaringan itu yakni dengan meningkatkan sarana dan prasarana perpustakaan desa. Diharapkan hal ini bisa menjadi perhatian dari pemda," tuturnya, Senin, 13 Juni 2022.

Dia menjelaskan, pembangunan jaringan dipelosok Kalteng kerap menjadi usulan masyarakat saat kalangan DPRD Kalteng melaksanakan kunjungan kedalam daerah. Namun, usulan tersebut belum bisa direalisasikan secara maksimal karena terbentur sejumlah kendala.

"Saya kira pemerintah sudah berupaya melakukan pemerataan pembangunan sinyal dan jaringan internet. Hanya saja, geografi Kalteng ini sangat luas, belum lagi sejumlah desa yang berada di wilayah perbukitan dan dikelilingi hutan dengan pepohonan tinggi. Hal ini tentu menyulitkan dan membutuhkan waktu. Jadi diharapkan masyarakat bisa bersabar," ujarnya.

Di sisi lain, dia juga meminta kepada pihak swasta dalam hal ini perusahaan yang berada di daerah untuk dapat berkontribusi dalam pengembangan perpustakaan desa, baik dengan penambahan buku-buku sesuai kebutuhan masyarakat, hingga kegiatan pelatihan maupun peningkatan keterampilan.

"Keberadaan perpustakaan sangatlah penting, karena keberadaan perpustakaan di Kalteng tidak hanya sebagai tempat mencari informasi atau buku bacaan saja. Tetapi juga untuk menunjang pengembangan SDM kita agar semakin unggul dan berdaya saing tinggi," imbuhnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru