Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sekadau Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng Berharap BUMDes Berperan Aktif Pacu Pertumbuhan Ekonomi

  • Oleh Donny Damara
  • 13 Juni 2022 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran berharap BUMDes dapat berperan aktif dalam upaya memacu pertumbuhan ekonomi baik desa itu sendiri maupun daerah.

Dia mengatakan, BUMDes harus bisa mengoptimalkan potensi yang ada di desa baik itu pengelolaan parwisata, pertanian, perikanan, dan lain sebagainya. Sehingga, hal itu akan berdampak pada peningkatan perekonomian maupun kesejahteraan masyarakat.

"Kita meyakini, di desa-desa masih banyak potensi yang bisa digali dan hal itu harus dapat dioptimalkan. Tentu yang kita ingin BUMDes yang ada di Kalteng ini bisa maju dan berkembang dengan baik," kata dia, Senin, 13 Juni 2022.

Dijelaskan, BUMDes harus dapat terus berinovasi untuk mengembangkan usaha yang dijalankan serta tidak mengandalkan satu atau dua usaha saja, akan tetapi potensi yang benar-benar menjanjikan, itu perlu digali dan dikembangkan.

Pasalnya, keberadaan BUMDes sangat strategis dalam upaya meningkatkan status desa dari yang tertinggal, berkembang, maju, hingga mandiri. Oleh karena itu, pemerintah desa harus dapat bersinergi dalam upaya mengembangkan usaha yang dijalankan BUMDes.

"Jadi, di sini semua pihak harus berperan tidak hanya desa itu sendiri, tapi juga pemerintah daerah baik kabupaten dan kota. Jika semuanya bersinergi, maka desa akan mengalami kemajuan dan tidak ada lagi yang tertinggal," tandasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru