Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Berkaca Kasus Pembobolan Rekening, OJK Ingatkan Masyarakat Kedepankan Sikap Kritis

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 14 Juni 2022 - 08:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Belakangan maraknya kasus penipuan dan pembobolan rekening nasabah bank. Seperti yang baru baru ini rekening salah seorang dokter di Pangkalan Bun digasak orang tidak bertanggung jawab.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalimantan Tengah (Kalteng), Otto Fitriandy meminta agar masyarakat selalu mengedepankan sikap kritis terhadap segala bentuk komunikasi yang mengatasnamakan Lembaga Jasa Keuangan (LJK).

“Masyarakat harus waspada, jika mendapat permintaan informasi atau data diri dan penawaran produk keuangan baik melalui telepon, sosial media, whatsapp, maupun email yang berisi tautan,” sebut Otto baru baru ini dalam keterangan tertulisnya.

Otto menegaskan lembaga keuangan tidak akan meminta data pribadi seperti baik pin, one time password (OTP), ataupun kode Card Verification Value (CVV) atau Card Verification Code (CVC).

“Kesadaran masyarakat harus ditingkatkan, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang menjadi korban dari kejahatan pada internet banking atau mobile banking,” pungkasnya.

OJK juga meminta kepada kepada lembaga jasa keuangan untuk dapat secara aktif memberikan edukasi dan informasi.

Edukasi tersebut bisa disampaikan melalui platform resmi dari masing-masing lembaga baik website, media sosial, maupun pada jaringan kantor masing-masing lembaga kepada masyarakat agar senantiasa waspada dan terhindar dari kejahatan digital. (HERMAWAN DP/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru