Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jelang Idul Adha, Ini Yang Dilakukan Pemkab Kobar untuk Mencukupi Ketersediaan Hewan Kurban

  • Oleh Wahyu Krida
  • 14 Juni 2022 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Berbagai langkah dilakukan Pemkab Kobar untuk mencukupi ketersediaan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha.

Medik Veteriner Muda, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Kobar, drh GM Sofyannoor mengatakan, suplai ternak kurban tetap bisa didatangkan dari daerah lain, selama daerah tersebut bebas dari pandemi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Pemkab Kobar sudah berupaya untuk mendapatkan suplai ternak kurban di dalam daerah sendiri, misalnya dari PT Sulung Ranch - Citra Borneo Indah (CBI) group dan dari luar daerah terutama dari daerah bebas PMK seperti Bali dan Sulawesi," kata GM Sofyanoor, Selasa, 14 Juni 2022.

GM Sofyanoor melanjutkan, saat ini, Pemkab Kobar juga sedang menyiapkan surat edaran bupati sebagai pedoman pelaksanaan kurban dalam situasi PMK, berdasarkan SE Menteri Pertanian

"Dalam waktu dekat akan dilakukan sosialisasi kepada takmir masjid atau panitia kurban dan petugas pemeriksa kesehatan hewan kurban untuk 6 kecamatan se-Kobar," jelas GM Sofyanoor.

Selain itu, lanjut GM Sofyanoor, untuk memastikan kesehatannya, petugas DPKH Kobar bakal menggiatkan lagi pemeriksaan hewan kurban di Kobar.

"Sekitar 2 minggu atau 14 hari sebelum Idul Adha, petugas DPKH Kobar akan melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di lokasi kandang penampungan dan penjualan hewan kurban," tutur GM Sofyanoor. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru