Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Serang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelaku Usaha Diminta Rutin Uji Sampel Air di Laboratorium Lingkungan DLH Palangka Raya

  • Oleh Hendri
  • 15 Juni 2022 - 07:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPRD Palangka Raya Sigit K Yunianto mengapresiasi atas terakreditasi Laboratorium Lingkungan milik Pemerintah Kota Palangka Raya oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Menurutnya, dengan terakreditasi Lab lingkungan itu, maka warga dan pelaku usaha termasuk daerah-daerah kabupaten di Provinsi Kalteng, tidak perlu keluar daerah lagi untuk menguji kualitas air.

“Iya, jadi masyarakat dan para pelaku usaha Kalteng bisa memanfaatkan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) laboratorium lingkungan di Kota Cantik," katanya, Selasa, 14 Juni 2022.

Sekretaris PDI Perjuangan Provinsi Kalteng ini berharap, tidak ada lagi alasan bahwa pelaku usaha sulit melakukan uji lab kualitas air. Karenanya, para pelaku usaha harus kooperatif dan rutin melakukan pengujian sampel air atas limbah aktivitas usahanya untuk mencegah dampak buruk rusaknya lingkungan.

“Para pelaku usaha harus melakukan uji lab untuk mengetahui kadar air hasil aktivitas usahanya. Apabila dinilai berbahaya, maka DLH dan instansi terkait bisa melakukan pendampingan," ujarnya.

UPTD Laboratorium Lingkungan DLH Kota Palangka Raya terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas hasil pengujian, salah satunya melalui peningkatan kompetensi personil dengan mengikuti pelatihan.

Setelah mendapatkan keputusan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional dengan nomor LP-1609 IDN sebagai Laboratorium Penguji terakreditasi, saat ini juga laboratorium telah memiliki 2 orang personil yang telah tersertifikasi Petugas Pengambil Contoh Uji Air.

Personel tersebut mendapatkan pengakuan kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi yang berafiliasi dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Pengakuan kompetensi kepada personil Dinas Lingkungan Hidup ini membuktikan kapabilitas dan kualitas kinerja pengujian laboratorium DLH Kota Palangka Raya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru