Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wagub Kalteng Tinjau Pembangunan Shrimp Estate di Desa Sei Pasir Sukamara

  • Oleh Donny Damara
  • 15 Juni 2022 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo melakukan peninjauan pembangunan kawasan shrimp estate atau budi daya udang vaname di Desa Sei Pasir, Kecamatan Pantai Luci, Kabupaten Sukamara, Rabu, 15 Juni 2022.

Edy mengatakan, maksud dari peninjaun ke pembangunan kawasan shrimp estate itu yakni dalam rangka mendampingi Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI yang melakukan Studi Lapangan Isu Strategis Nasional (SLISN) Program Pendidikan Regular Angkatan (PPRA) LXIII, khususnya terkait shrimp estate.

"Hari ini kami dari Pemprov Kalteng mewakili gubernur mendampingi teman-teman dari Lemhannas RI dalam rangka melihat kegiatan shrimp estate yang ada di Kabupaten Sukamara. Kunjungan Lemhannas menjadi spirit bagi pemerintah daerah dan provinsi," kata Edy.

Dia melanjutkan, shrimp estate merupakan kegiatan dari muatan lokal atau program daerah dalam rangka mendukung program food estate di Kalteng yang dicanangkan oleh pemerintah pusat atas arahan langsung Presiden RI, tepatnya di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas.

"Adanya program food estate, kita coba masukan muatan lokalnya melalui kegiatan shrimp estate yang ada di Kabupaten Sukamara. Karena ini muatan lokal atau program daerah, bapak gubernur dan kita semua ingin menjadikan ini sebagai produk unggulan," ujarnya.

Edy menambahkan, di tahun 2022 ini, pihaknya mendukung anggaran untuk shrimp estate sebesar Rp85 miliar. Yakni untuk membangun 90 kolam budi daya dan infrastruktur lainnya. Pihaknya menargetkan tahun ini pengerjaannya selesai.

"Harapan kita dengan dana untuk pembangunan kolam dan infrastruktur lainnya itu bisa mendorong para nelayan di sini untuk dapat mengembangkan tambak udang vaname dalam skala besar," ucapnya.

Edy berharap, kedepannya, kawasan tersebut tidak hanya untuk shrimp estate semata, akan tetapi juga bisa terintegrasi dengan ekowisata, serta melalui kegiatan shrimp estate itu juga akan dikembangkan budi daya lainnya. (DONNY/B-7)

Berita Terbaru