Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkalis Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Jalankan 5 Langkah Dukung Reforma Agraria

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 16 Juni 2022 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah (Sekda Kalteng), Nuryakin menyampaikan lima langkah yang dijalankan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng untuk mendukung reforma agraria.

Hal itu disampaikannya saat Rapat Kerja Badan Urusan Legislasi Daerah (BLUD) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI bersama Pemprov Kalteng secara virtual, Rabu, 15 Juni 2022.

“Pertama, ikut serta dalam kelembagaan reforma agraria dalam bentuk Tim Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Provinsi Kalteng,” ungkap Nuryakin seperti dikutip dari MMC Kalteng.

Tim gugus tugas tersebut dipimpin Kanwil/Kantah ATR/BPN sebagai leading sektor dan Gubernur Kalteng sebagai Ketua GTRA.

Kemudian, langkah kedua, Pemprov Kalteng memfasilitasi pemerintah kabupaten/kota untuk melaksanakan reforma agraria dengan membentuk Tim GTRA kabupaten/kota.

Ketiga, dukungan dilakukan melalui perangkat daerah yang membidangi urusan pertanahan Disperkimtan Provinsi Kalteng, merencanakan program dan kegiatan yang termuat dalam dokumen RPJMD dan RKPD dalam mendukung pelaksanaan reforma agraria melalui fungsi koordinasi, fasilitasi dan inventarisasi.

Selanjutnya, didukung dengan melakukan koordinasi dengan Kanwil ATR/BPN dan Kantah kabupaten/kota dalam wadah GTRA provinsi dan GTRA kabupaten.

Kelima, mendorong perangkat daerah di provinsi, kabupaten/kota yang terkait dalam penataan akses reforma agraria, memaksimalkan perannya dengan melakukan berbagai kegiatan.

Mulai dari pemetaan sosial, peningkatan kapasitas kelembagaan, pendampingan usaha, peningkatan keterampilan, penggunaan teknologi tepat guna, fasilitasi akses permodalan dan pemasaran, penguatan basis data komoditas dan penyediaan infrastruktur sesuai dengan kewenangannya. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru