Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkalis Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Diimbau Waspada Penyakit Hepatitis Akut

  • Oleh Donny Damara
  • 16 Juni 2022 - 16:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siti Nafsiah mengimbau kepada seluruh masyarakat khsusunya di provinsi ini agar terus waspada terhadap penyakit hepatitis akut.

"Di Kalteng meski belum mencuat adanya kasus hepatitis akut, namun saya minta dinas terkait mensosialisasikan pentingnya pola hidup sehat seperti makan makanan bergizi, menjaga kebersiahan diri, dan lain-lain sebagai upaya pencegahan," ucapnya, Kamis, 16 Juni 2022.

Dia juga mengimbau agar masyarakat khususnya anak-anak untuk rajin mencuci tangan, menghindari kontak dengan orang lain yang sedang sakit serta menerapkan pola hidup sehat lainnya dengan bimbingan orang tua.

Dia mengingatkan agar semua layanan kesehatan baik puskesmas maupun rumah sakit supaya dapat melapor dan mengumumkan ketika ditemukan masyarakat yang terpapar penyakit tersebut, sehingga masyarakat lainnya bisa meningkatkan kewaspadaan.

"Utamanya pencegahan, jangan menunggu mencuat atau banyak kasus terlebih dahulu baru ada upaya-upaya pencegahan. Ini yang sangat penting untuk diperhatikan bersama," tuturnya.

Selanjutnya dia meminta masyarakat ketika menemui gejala hepatitis akut pada anak-anak seperti demam, muntah-muntah, nyeri perut atau diare, kurang nafsu makan, warna kulit menguning dan kejang-kejang agar segera dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat.

"Pemeriksaan dini sangat penting guna memastikan. Karena itu, bagi seluruh masyarakat kalau ada mengetahui gejala-gejala tersebut segera ke fasilitas kesehatan terdekat, supaya dapat ditangani dengan cepat," tandasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru