Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Semarang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puksesmas di Kapuas Jalankan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 16 Juni 2022 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Seluruh puskesmas di Kabupaten Kapuas menjalankan kegiatan pelayanan KB serentak sejuta akseptor dalam rangka Hari Keluarga Nasional ke-29.

Kegiatan yang bertema 'ayo cegah stunting' itu supaya keluarga bebas stunting. Acara tersebut digelar serentak di seluruh Puskesmas Kabupaten Kapuas dengan waktu pelaksanaan selama 3 hari mulai 15 Juni sampai 17 Juni 2022.

Adapun layanan keluarga berencana yang dapat dirasakan masyarkat seperti IUD, Implan, Suntik, Pil, Kondom, Vasektomi dan Tubektomi.

Dalam kegiatan yang bertempat di UPT Puskesmas Selat Kabupaten Kapuas pada Kamis, 16 Juni 2022, dihadiri Sekda Kapuas, Septedy.

Septedy berharap, masyarakat yang sudah menikah agar dapat menjaga dan mengatur jarak kelahiran. Sehingga, dapat melahirkan anak-anak yang sehat dan cerdas serta juga agar terhindar dari stunting.

“Dengan mengikuti program Keluarga Berencana ini, kita secara langsung dapat berperan dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting di Kalimantan Tengah khususnya di Kabupaten Kapuas,” kata Septedy seusai kegiatan.

Sementara itu, dalam sambutannya Perwakilan BKKBN Kalimantan Tengah, dr Amalia Dwi Susanti mengatakan, KB merupakan upaya yang bisa dilakukan untuk membangun sumber daya manusia yang bedaya saing melalui pembangunan keluarga yang berkualitas. Yakni didalamnya dapat melakukan peraturan kelahiran, menjaga kesehatan dan menurunkan angka kematian ibu, bayi dan anak.

“Kita juga harus mencegah kehamilan dengan kondisi 4T yaitu Terlalu Muda, Terlalu Tua, Terlalu Dekat Jarak Kehamilan dan Terlalu Banyak Jumlah Anak,” beber Amelia. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru