Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kolaka Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kapuas Distribusikan Paket Perlengkapan Kesehatan untuk Jemaah Calon Haji

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 16 Juni 2022 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kementrian Kesehatan RI melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas mendistribusikan paket perlengkapan kesehatan untuk para jemaah calon haji daerah setempat.

Dalam rangka perlindungan kepada jemaah haji, paket ini berisi perlengkapan kesehatan seperti masker, oralit, kantong kencing, hand sanitizer, hand spay dan lain-lain untuk dibawa jemaah ke Arab Saudi.

Plt Kepala Dinkes Kapuas, dr Tri Setyautami mengatakan, paket jemaah ini sangat penting mengingat Pandemi Covid-19 belum berakhir. Jadi, kata dia, perbekalan masker, hand sanitizer masih sangat diperlukan.

Terlebih, kondisi cuaca di Arab Saudi pada puncak musim haji diperkirakan dapat mencapai 50 derajat celcius.

"Sehingga jemaah diedukasi untuk banyak minum atau tidak menunggu haus, minum larutan isotonic dan menyemprotkan air ke bagian tubuh yang terkena sengatan matahari langsung untuk menjaga kelembaban," katanya, Kamis, 16 Juni 2022.

Selain pembagian paket jemaah, juga dilakukan pemberian edukasi kepada jemaah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, berprilaku hidup bersih dan sehat.

"Serta menjaga kebugaran agar saat menjalankan ibadah haji bisa lebih maksimal. Karena ibadah haji banyak memerlukan akftivitas fisik," pungkasnya.

Adapun 178 jemaah calon haji secara simbolis telah dilakukan pelepasan oleh Bupati Kapuas pada Kamis, 16 Juni 2022. Kemudian akan diberangkatkan menuju embarkasi Banjarmasin pada Sabtu, 18 Juni 2022. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru