Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Teknologi Miliki Sisi Positif dan Negatif

  • Oleh Testi Priscilla
  • 18 Juni 2022 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua II Komisi C DPRD Palangka Raya, Arthur Apriossi Tuwan mengatakan bahwa harus disadari bahwa teknologi memiliki dua sisi seperti mata uang, sisi positif dan sisi negatif.

"Teknologi itu tidak hanya dapat memberikan manfaat namun juga dapat memberikan sisi negatif jika tidak berhati-hati," kata Arthur pada Sabtu, 18 Juni 2022.

Maka dari itu Politisi Partai Demokrat ini mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama dari penipuan-penipuan yang dapat dilakukan melalui jaringan online.

"Tingkatkan kewaspadaan, laporkan atau abaikan jika mendapati hal-hal mencurigakan," tuturnya.

Arthur mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai modus-modus penipuan online yang sedang marak terjadi. Beberapa bentuk modus penipuan secara online seperti phising, rekayasa sosial, pharming, money mule, dan sniffing ini perlu diwaspadai.

"Kelima modus penipuan ini telah memiliki hukum sendiri di dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau ITE. Karena kejahatannya secara online maka penegakan hukumnya juga berbeda, ini lebih masuk dalam ranah pidana," tambahnya lagi. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru