Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Selama 6 Bulan, Pemkab Kobar Bantu Pembangunan 15 Rumah Roboh karena Musibah

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 21 Juni 2022 - 09:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Pemkab Kobar) melalui Dinas Sosial (Dinsos) mencatat, selama enam bulan terakhir, telah memberikan bantuan sosial dan bantuan pembangunan 15 rumah warga yang roboh karena musibah.

Disampaikan oleh Sekretaris Dinsos Kobar Sanitro, dari 15 rumah ambruk atau rusak karena musibah tersebut, 14 di antaranya akibat kebakaran dan 1 rumah karena tertimpa pohon tumbang.

"Jadi, kita sudah berikan bantuan pembangunan kepada 15 rumah terdampak musibah, sejak Januari sampai Juni 2022," ujarnya, saat dikonfirmasi usai menyerahkan bansos pada korban kebakaran, Senin, 20 Juni 2022.

Dia melanjutkan, teknis pelaksanaan bantuan untuk pembangunan rumah korban tertimpa musibah kebakaran atau tertimpa pohon tumbang yakni sesuai dengan peraturan daerah atau perbup Kobar.

"Jadi, korban itu didata oleh desa dan lampirkan dengan laporan kepolisian, kemudian dilaporkan ke Dinsos yang selanjutnya diverifikasi oleh Dinsos," ujarnya.

Untuk prosesnya, pascakejadian memerlukan waktu satu sampai 2 bulan. Itu karena tim Dinsos perlu melakukan verifikasi, pendataan, rapat dengan tim anggaran, permohonan dana dan lain sebagainya.

"Bantuan diserahkan sekali dan besaran bantuan sesuai Perda, yaitu paling besar sekitar Rp 30 juta. Jadi, bantuan tidak sepenuhnya, sesuai hasil verifikasi mana yang harus dibantu dan sesuai ketentuan," pungkasnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru