Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Balangan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Diskominfosantik Ingatkan Setiap Teknologi Selalu Ada Celah Serangan Siber

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 21 Juni 2022 - 22:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kemajuan teknologi memberikan dampak positif pada kehidupan masyarakat. Namun, kemajuan tersebut juga diimbangi dengan semakin maraknya kejahatan siber yang mengancam data pribadi.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kalteng, Agus Siswadi mengakui disetiap teknologi selalu ada celah yang memungkinkan pembobolan data pribadi.

“Sekuat apapun kecanggihan teknologi, pastinya tetap ada celah kemungkinan pembobolan data itu,” sebut Agus baru baru ini.

Ia melihat semakin canggih teknologi, maka akan semakin canggih juga orang berupaya untuk membobol, karena memang pada dasarnya teknologi selalu terbarukan dan selalu update.

Agus menjelaskan, kejahatan siber dapat terjadi disebabkan oleh dua hal, pertama disebabkan oleh serangan siber yang dilakukan oleh individu atau kelompok (hacker), dan kedua karena lemahnya sistem keamanan dari aplikasi atau sistem digital yang digunakan.

Di samping itu, perilaku masyarakat yang cenderung bangga dengan mengunggah data pribadi, seperti KPT, Kartu Vaksin, dan lainnya di ranah publik, terutama media sosial, semakin memudahkan masyarakat untuk menjadi korban dari kejahatan siber. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru