Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Medan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Kalteng Sampaikan Langkah Strategis Menanggulangi Wabah PMK

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 22 Juni 2022 - 07:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Sekretaris Daerah (Sekda) Kalimantan Tengah (Kalteng), Nuryakin meminta instansi dan pihak terkait untuk melakukan langkah-langkah strategis dalam menangani wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Pertama, ia meminta dilakukan pengendalian dan penanggulangan wabah PMK pada hewan ternak di masing-masing wilayah.

Langkah penanggulangan dilakukan melalui pengamatan, pengidentifikasian, pencegahan, pengamanan, pemberantasan, dan pengobatan hewan.

Setelah itu, Nuryakin meminta dilakukan pengawasan optimal, mulai dari tingkat desa/kelurahan, serta membentuk posko posko Gugus Tugas Penanganan PMK di tiap wilayah wabah dengan melibatkan Forkopimda.

“Ketiga, mempersiapkan anggaran pendanaan untuk pengendalian dan penanggulangan wabah PMK,” ungkapnya saat rakor gugus tugas di Ruang Bajakah seperti dikutip dari situs resmi Setda Kalteng, Selasa 21 Juni 2022.

Selanjutnya ia minta instansi dan pihak terkait memastikan keamanan dan kelancaran pelaksanaan Ibadah Kurban pada Hari Raya Idul Adha.

Kemudian, perlu dilaporkan Status Penanganan dan Pengendalian Wabah PMK pada ternak di wilayah masing-masing secara berkala, sekurang-kurangnya 1 kali dalam seminggu dan/atau sewaktu-waktu jika dibutuhkan.

“Sosialisasi kepada masyarakat juga perlu. Karena kalau kita melihat di beberapa tempat atau di beberapa pasar bahwa banyak kesimpangsiuran terhadap informasi Penyakit Mulut dan Kuku. Ada yang menyebut, ini boleh dimasak, boleh dimakan, tidak segala macam,” terangnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru