Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Belasan Warga Diungsikan Akibat Banjir di Lamandau

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 22 Juni 2022 - 09:45 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Hujan yang terus mengguyur wilayah hulu Kabupaten Lamandau menyebabkan debit air di sungai terus meningkat. Pada Rabu, 22 Juni 2022, terpantau di Skala Tinggi Air (STA) Pantau Dermaga Batu Bisa ketinggian air berada pada level 664 cm, atau pada level siaga 2.

Bahkan, dari data yang telah masuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamandau, sudah ada 66 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak banjir. Dari jumlah itu, 3 KK (11 orang) di antaranya diungsikan ke rumah warga sekitar.

Tak hanya permukiman warga, sejumlah fasilitas umum dan fasilitas sosial seperti jalan, tempat ibadah, Posyandu maupun sekolah juga terdampak banjir.

Hal itu seperti disampaikan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Lamandau Edison Dewel melalui Kabid Rekonstruksi dan Rehabilitasi, Joni Hardi  saat dikonfirmasi pada Rabu, 22 Juni 2022.

“Hari ini, Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) kita melakukan patroli pemantauan dan kekasih terdampak banjir di wilayah kelurahan Nanga Bulik, di kompleks Lapangan Kartawana RT 03b, Gang Samaliba hingga komplek RT 8b terdapat 7 KK terdampak banjir dengan ketinggian air antara 50 sampai 80 cm,” ungkapnya.

Sebelumnya, kata dia, juga sudah melakukan pemantauan dan evakuasi warga yang melintas di jalur terendam banjir, yakni di jalan antar-Desa Sekoban dan Samujaya.

“Pada titik jalan tersebut, setidaknya sekitar 160 meter ruas jalannya terendam air antara 60 sampai 120 cm, sehingga mengakibatkan kendaraan baik roda 2 maupun roda 4 tidak bisa melintas,” ujarnya.

Akan tetapi, lanjut dia, warga masih bisa melewati jalan alternatif melalui jalan perusahaan untuk menuju ke Nanga Bulik.

“Kita mengimbau kepada masyarakat apabila terdampak banjir segera melapor agar bisa diambil tindakan cepat jika memang memerlukan untuk dievakuasi,” katanya. (HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru