Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Palangka Raya Catat 15 Kasus HIV AIDS Tahun Ini

  • Oleh Hendri
  • 22 Juni 2022 - 19:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya mencatat ada 15 kasus orang dengan HIV AIDS (ODHA) selama periode Januari hingga Maret 2022.

"Tahun ini ada 15 kasus HIV dan untuk itu pencegahan kasus ODHA menjadi salah satu prioritas kami," kata Kadinkes Palangka Raya, Drg Andjar Hari Purnomo, Rabu 22 Juni 2022.

Sementara pada 2021 tercatat ada 116 berstatus ODHA dan selama periode 2020 lalu tercatat 73 orang. Upaya pencegahan yang dilakukan oleh para kader kesehatan di pusat layanan kesehatan (Puskesmas) dan rumah sakit, seperti melalui edukasi dan peningkatan pengetahuan cara mengatasi penyebaran HIV-AIDS.

"Selain itu, pencegahan juga dilakukan dengan cara melakukan pemeriksaan terhadap orang yang berisiko tinggi terkait potensi penyebaran HIV-AIDS itu," ungkapnya.

HIV merupakan virus berbahaya yang merusak sistem kekebalan tubuh sehingga penderita virus ini akan rentan diserang penyakit. Infeksi virus ini jika tak segera ditangani akan terus berkembang lebih serius.

AIDS merupakan stadium terakhir dari tahapan infeksi HIV. Biasanya pada tahap ini kemampuan tubuh atau imunitas tubuh untuk melawan infeksi akan hilang sepenuhnya.

Virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh ini dapat menular melalui beberapa cara seperti berhubungan seks tanpa menggunakan kondom atau pengaman.

Transfusi darah juga dapat menjadi sarana penularan virus yang sampai saat ini belum ditemukan vaksinnya itu. Melakukan seks oral, terkena cairan vagina dan sperma penderita juga menjadi cara penularan HIV. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru