Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Pantau Tes Ulang Tenaga Kontrak

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 23 Juni 2022 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor memantau secara langsung pelaksanaan tes ulang bagi tenaga kontrak di Gedung Tennis Indoor Stadion 29 Nopember Sampit, Kamis, 23 Juni 2022. 

Dalam pemantauannya, Halikinnor menyempatkan diri menyapa peserta tes dan menyemangati mereka. 

Menurut Halikinnor, tes ini merupakan upaya pemerintah daerah mempertahankan tenaga kontrak yang berkualitas sebagai tindak lanjut dari instruksi Pemerintah Pusat. 

"Sesuai instruksi Pemerintah Pusat harus dihapuskan. Tapi kami tidak mungkin serta-merta menerapkan ini karena tenaga kontrak masih sangat dibutuhkan," ucap Halikinnor. 

Dia menambahkan, di kabupaten itu, terutama di wilayah pedesaan, masih bertumpu pada tenaga kontrak. Khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan. Sedangkan perekrutan Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) masih dibatasi alias minim jumlahnya. 

"Yang masih dibutuhkan akan kami pertahankan. Kami juga sudah menghadap ke Pemerintah Pusat. Bukan melanggar namun kami punya argumentasi bahwa ini tidak mungkin serta merta dihapus. Apalagi sepanjang kebijakan pusat masih membatasi di penerimaan ASN dan PPPK," ungkapnya.

Hanya saja, diakuinya, bagi tenaga kontrak yang tidak memenuhi kompetensi terpaksa dibersihkan atau diberhentikan. Kendati demikian, apabila pengurangan ini menggangu kinerja pemerintah daerah, pihaknya akan kembali mengevaluasi. 

"Jadi benar-benar menyesuaikan dengan kebutuhan," tandasnya. (USAY NOR RAHMAD/B-7)

Berita Terbaru